Gerbang Dasar Logika " NOT" (NOT GATE)

DASAR LOGIKA "NOT" (NOT GATE)

Sebelumnya kita telah membahas Gerbang dasar Logika OR ( OR Gate ). Gerbang NOT juga sering disebut dengan gerbang inverter. Gerbang ini merupakan gerbang logika yang mudah diingat, dari asal katanyanya NOT yang berarti TIDAK, berarti kebalikannya. Gerbang NOT memiliki satu buah saluran masukan dan satu buah keluaran. Gerbang NOT akan selalu menghasilkan nilai logika yang berlawanan dengan kondisi logika pada saluran masukannya. Bila pada saluran masukannya mendapatkan nilai logika 1, maka pada saluran keluarnya akan menghasilkan dihasilkan nilai logika 0.
Gambar 1. Simbol Gerbang Logika NOT

Persamaan Boolean Logika NOT
Simbol diatas dibaca Y = not A atau Y = komplemen dari A. Perhatikan penggunaan tanda strip (-) diatas keluaran untuk memperhatikan bahwa istilah boolean akan mengkomplemenkan (-) masukkan A menjadi not A.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika NOT
Perhatikan tabel diatas bila tegangan pada masukan adalah rendah (0) maka keluarannya adalah tinggi (1) sebaliknya bila masukannya tinggi (1) maka keluarannya adalah rendah (0). Bila kita analogikan dengan transistor maka dapat kita asumsikan logika gerbang logika NOT  dengan gambar dibawah ini
Rangkaian Diskrit Gerbang NOT
(Sumber : http://webstudi.blogspot.co.id/2016/10/gerbang-not-pembalik-dan-penyangga.html)
Penjelasan gambar : Jika A diberi tegangan (keadaan logik 0), maka arus mengalir dari Vcc melalui ground sehinga tegangan output Q kecil sekali (keadaan logik 0). Artinya jika A=1 maka Q = NOT A = 0.



Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment