Pemprograman Zelio Soft 2 dengan Function Block Diagram (FBD)

Setelah kita mengenal dan melakukan pemograman dengan bahasa ladder diagram zelio, Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat pemprograman dengan Function Block Diagram (FBD). yang perlu dikuasai dalam pemograman dengan FBD ini adalah tentang Gerbang logika AND, OR, NOT, NAND, dan NOR karena dalam pemogramannya menggunakan simbol-simbol logika.  Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pemograman dengan FBD :
  1. Klik 2 kali pada ikon zelio soft 2
    Program Zelio Soft 2
  2. Klik Create New Program
    Pilih New program
  3. Pilih tipe zelio yang akan digunakan, kemudian klik next
    Pemilihan tipe Zelio
  4. Pilih bahasa pemograman FBD, kemudian klik next
    Pilih Tipe Pemograman FBD
  5. Membuat program FBD pada area kerja
    Area Kerja FBD
  6. Menempatkan input; untuk menempatkan input klik IN kemudian tekan dan tarik kursor ke kotak I1 untuk IN1 dan pada kotak I2 untuk IN2 dan seterusnya, dan kemudian mengganti tampilan Input apakah dengan tombol, saklar, atau sensor.
    Menempatkan Input
  7. Menempatkan gerbang logika, untuk meletakkan gerbang logika klik Logic, kemudian tekan kursor dan tarik ke area kerja
    Menempatkan Gerbang Logika
  8. Menempatkan output; untuk menempatkan output klik OUT, kemudian tekana kursor dan tarik ke kotak Q1, Kemudian mengganti jenis outpunya (apakah dengan motor, lampu indikator atau yang lainnya)
    Menempatkan Output
  9. Menghubungkan antara input, gerbang logika dan output ; Untuk menghubungkan anatara input, gerbang logika dan output sehingga terbentuk rangkaian Fuction Blok Diagram (FBD) adalah dengan menempatkan kursor pada masing-masing bagian kemudian tekan kursor dan menariknya di satu bagian ke bagian lain. Misalnya dari input ke gerbang logika atau dari gerbanglogika ke output
    Tampilan akhir program dengan FBD
  10. Tampilan dari fuction blok diagram dengan input dua buah push button dan output motor listrik seperti gambar diatas.
Mensimulasi Program FBD
Program yang telah selesai kita buat dapat disimulasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Klik S (simulation)
    Simulasi Program FBD
  2. Klik RUN
    Run Program FBD
  3. Untuk menjalankan klik I1 dan I2 maka akan terlihat tampilan seperti dibawah ini
    Menjalankan Program FBD dengan menekan I1 dan I2
Mentransfer Program FBD
Untuk langkah-langkah mentransfer program dengan FBD sama dengan langkah-langkah mentransfer program dengan ladder diagram. langkah-langkahnya bisa dilihat pada Cara Mentransfer Program Zelio
Begitulah cara mentransfer program FBD Zelio. Semoga bermanfaat. Selanjutnya mari kita melakukan beberapa eksperimen tentang pemograman dengan Ladder diagram dan FBD. Ok mari kita laksanakan.


Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment